Penetapan Awal Kalender Hijriah

Assalammualaikum
InsyaAllah kedepannya aku bakalan bercerita tentang kisah-kisah Nabi dan para Sahabat
Kali ini aku mau cerita tentang awal terbentuknya bulan Hijriah nih
Mudah-mudahan bermanfaat yaa

Jadi kalender Islam pertama kali itu ditetapkan pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Awalnya di latar belakangi oleh adanya sepucuk surat dari Abu Musa Asy'ari (gubernur Basrah) yang ditujukan kepada Umar. Isinya menyatakan "Kami telah menerima banyak surat perintah dari anda, tapi kamu tidak tahu kapan kami harus lakukan. Ia bertanggal Sya'ban, namun kami tidak tahu Sya'ban yang mana yang anda maksud"
Begitulah kira-kira cerita latar belakangnyaa.



Jadi setelah menerima surat itu, Umar langsung mengumpulkan para ulama bermusyawarah untuk membuat penanggalan dalam islam.
Hal itu dibuat agar ke depannya kaum muslim tidak perlu lagi mengikuti penanggalan kaum nasrani dan Yahudi.

Berbagai pendapat dikemukakakn pada saat musyawarah tentang peristiwa apa yang tepat untuk mengawali penanggalan kalender Islam. Beberapa orang mengusulkan untuk mengawalinya dari kelahiran Rasulullah SAW.

Ada juga yang mengusulkan mengawalinya ketika Rasulillahwafat. Ada juga yang berpendapat mengawali tanggal islam ketika Rasulullah menerima wahyu.
Semua usulan tersebut rasanya belum ada yang pas dan memuaskan bagi mereka.

Dan tiba akhirnya di saat suasana sedang bingung  itu datanglah Ali bin Abi thalib. Umar pun sangat senang menyambutnyaa. Segera saja Ali disambut dan langsung di ajak bermusyawarah.Setelah diajukan pertanyaan tentang bagaiamana menetapkan penanggalan islam Ali langsung menjawab "Tetapkan saja mulai hari hijrahnya Rasulullah SAW, yaitu hari beliau meninggalkan tanah syirik.

Mendegar jawaban Ali yang tegas tersebut, Umar langsung memeluk Ali diiringi sambutan gembira kaum muslim yang hadir. Umar menerima sepenuhnya pendapat Ali. Sejak hari itu juga ditetapkanlah berlakunya penanggalan Hijriah tesebut.

Mengapa Ali berpendapat bahwa penanggalan Islam di awali ketika Rasulullah Hijrah ?
Ada 3 pendapat Ali tentang itu

1. Banyak ayat dalam Alquran yang menghargai orang-orang berhijrah
2. Masyarakat Islam berdaulat dan mandiri baru terwujud di Madinah
3. Agar semangat hijrah dimiliki umat Islam sepanjang zaman dengan jiwa yang dinamis yang tidak jumud pada suatu keadaan, tetapi selalu ingin berhijrah kepada kondisi yang lebih baik.

Umar pun menetapkan peristiwa Hijrah sebagai permulaan tahun baru dalam Islam.

Bagaiamana ?
Beruntunglah kitaa dapat dengan mudah sekarang ini menetapkan kapan tahun baru Islam, kapan Puasa Ramadhan, Kapan 1 Syawal dan kapan 10 Dzulhijjah ?
Bersyukurlah kawan !


0 Comments:

Post a Comment