BAGIAN KOLOM - KOLOM PENANDA TIKRAR


1. Tiga baris kolom paling atas yang diberi tanda TL adalah kolom-kolom penanda Tilawah. Kolom ini berjumlah 24 kolom

2. Setiap kolom ditandai dengan lima kali penandaan. Setiap kali membaca, bubuhkan tanda satu kali. Penandaan daat menggunakan tanda silang lingkaran seperti di bawah ini :



3. Kolom - kolom di bawah Basmalah adalah kolom-kolom penanda Tikrar atau penanda pengulangan bacaan setiap penggalan yang telah ditentukan.

4. Kolom penanda Tikrar terdiri dari 168 kolom, ditambah kolom paling kiri untuk meletakkan nomor-nomor ayat dan tanda pengulangan (tikrar magra')

5. Nomor-nomor ayat ditulis dalam 8 kolom dengan penggalan 2 kolom 2 kolom yang dipisahkan oleh tanda tikrar :



(TM1) = Tikrar Maqra' 1
(TM2) = Tikrar Maqra' 2
(TM3) = Tiqrar Maqra' 3
(TM4) = Tikrar Maqra' 4
(TM5) = Tikrar Maqra' 2

(TM 1-2) = Tikrar Maqra' 1-2
(TM 2-3) = Tikrar Maqra' 2-3
(TM 1-3) = Tikrar Maqra' 1-3
(TM 2-4) = Tikrar Maqra' 2-4
(TM 1-4) = Tikrar Maqra' 1-4

6. Kolom penanda Muraja'ah di bawah kolom penanda tikrar terdiri dari 32 kolom, ditambah kolom-kolom di paling kiri yang diberi tanda MR (Murajaah)

BAGIAN KHAT ALQURAN

1. Setiap kolom khaf mushaf diberi indentitas nama dan nomor surat yang diletakkan di kiri atas. Nomor dan awal kalimat juz diletakkan di kanan atas.

2. Nomor halaman diletakkan di bawah khat mushaf

3. Blok warna menandakan pembagian satu halaman menjadi 4 maqra' (1 maqra' = 1/4 halaman). Khat yang diberi warna biru di awal ayat atau awal penggalan merupakan tanda awal maqta'. Khat yang diberi warna buram di akhir ayat atau akhir penggalan ayat merupakan tanda akhir maqta' (1 maqta'= 1/2 maqra' = 1/8 halaman). Satu maqta' bisa terdiri ari satu ayat atau lebih. Setiap 2 maqra' disatukan menjadi satu maqra'. Setiap halaman terdiri dari 4 maqra' atau 8 maqta'

4. Ayat-ayat yang terlalu panjang dan tidak bisa dijadikan sati maqta' dipotong-potong menjadi beberapa maqta'. Akhir dari setiap maqta'mengikuti tanda waqaf dan panjangnya seimbang antara satu maqta' dengan maqta' lainnya. Contohnya ayat 282 dalam Surat Albaqarah. Ayat tersebut dibagi menjadi 8 maqta' dengan huruf a, b, c, d, e, f, g, h setelah nomor ayat.


BAGIAN BAWAH KHAT

Di bagian bawah kolom jhat mushaf adalah kolom - kolom kata kunci hafalan yang diambil dari setiap kalimat awal dan akhir setiap maqta'. Kolom - kolom paling bawah berisi ayat-ayat dari kolom khat mushfa di halaman tersebut yang mirip dengan ayat lain dalam surat yang sama.



NB : Jika metode ini dijalankan dengan sebenar-benarnya, InsyaAllah para pembaca akan hafal Alquran dengan sendirinya, bahkan bisa lebih lancar sempurna

Untuk melihat video metodenya silahkan buka link ini !

https://youtu.be/4PrLgVq-HKM

0 Comments:

Post a Comment